Pages

Tempat JualBeli Aman Terpercaya

Monday, October 7, 2013

CARA BERBELANJA ONLINE AMAN

BERBELANJA ONLINE AMAN



Berikut ini adalah Cara Berbelanja Online Yang Aman – Tidak heran saat ini banyak sekali toko belanja online dengan berbagai koleksi barang yang berkualitas tapi harganya lebih terjangkau. Bagi mereka yang tidak memiliki cukup waktu untuk membeli barang tersebut di pusat perbelanjaan, hal ini tentu sangat memanjakan Anda. Hal penting dalam melakukan belanja online harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk belanja online.
Jika Anda melakukan belanja secara online, jangan hanya memperhatikan barang dan harga saja, karena yang tidak kalah penting adalah segi keamanannya. Jangan sampai ketika kita membeli dan melakukan transaksi dengan menyetor sejumlah uang yang diminta, tapi barang yang kita beli tak pernah kunjung tiba. Berikut tips belanja online yang aman :
  1. Pilih situs toko online yang reputasinya dikenal cukup baik
    Berbelanjalah di laman web yang memiliki reputasi baik, Anda bisa mengetahuinya dengan menanyakan pada teman atau melihatnya di internet. Baca dan pastikan terdapat kebijakan perlindungan privasi pelanggan. Jika tidak terdapat kebijakan tersebut, data Anda berisiko dijual atau dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Baca juga kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang dikirim cacat, anda boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uang anda kembali. Periksa juga siapa yang membayar pengembalian barang itu. Pastikan juga situs toko online tersebut mempunyai nomor telepon dan alamat jelas yang bisa dihubungi.
  2. Lakukan riset terhadap situs web tempat anda berbelanja.
    Tips ini harus dilakukan kalau anda berbelanja di situs web yang anda sendiri kurang familiar. Periksa nomor telepon si penjual dan hubungi. Kalau tidak ada atau tidak meyakinkan, kunjungi mesin pencari google atau yahoo. Kemudian masukkan nama situs web anda hendak berbelanja. Carilah ulasan, review dari konsumen mereka. Kalau ada yang tidak beres, sudahlah, tinggalkan saja situs web itu.
  3. Cari tanda kalau situs web itu aman.
    Tanda itu biasanya berupa gambar gembok di baris kanan status bar browser yang kita gunakan. Sebelum memasukkan informasi pribadi, periksa tanda itu ada. Ketika anda diminta untuk memasukkan informasi pendaftaran – nomor kartu kredit biasanya – lihat alamat situs web. Harusnya alamat situs web berubah dari http ke http atau https. Artinya informasi pembayaran itu dienkripsi.
  4. Amankan PC anda. Minimal PC harus punya antivirus.
    Lebih baik lagi kalau punya anti spyware dan firewall. Ingat, peranti lunak keamanan itu harus di-update secara teratur agar PC terlindung dari ancaman terbaru. Baiknya, atur saja proses update secara otomatis.
  5. Gunakan nama dan password baru
    Buatlah alamat e-mail khusus untuk berbelanja online. Jangan gunakan e-mail yang biasa Anda gunakan untuk bekerja, berhubungan dengan teman dan keluarga atau laman jejaring sosial. Hal itu untuk menghindari, kejahatan internet yang menggunakan data pribadi Anda.
  6. Jangan berbagi komputer
    Usahakan untuk tidak berbelanja menggunakan komputer yang digunakan banyak orang. Komputer yang paling baik untuk melakukan belanja online adalah komputer pribadi Anda. Hal itu karena komputer pribadi lebih terjamin perlindungannya dari virus, spyware, dan terdapat proteksi firewall. Jika komputer yang Anda gunakan untuk berbelanja, juga digunakan orang lain, risiko terdapat spyware cukup tinggi. Data pribadi Anda terutama yang terkait keuangan untuk transaksi pembayaran bisa dicuri.
Ada banyak Cara Berbelanja Online Yang Aman. Semoga 6 Tips diatas tentang Cara Berbelanja Online Yang Aman bisa berguna untuk Anda.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Jual Beli Bagus ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0